Apakah Smartphone Telah Menjadi Kebutuhan Sehari-hari?

Kita sudah tahu bahwa kita hidup di era digital, tapi seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk menggunakan gawai? Ternyata menurut beberapa penelitian, rata-rata kita menghabiskan lima jam untuk melihat layar kotak di genggaman kita itu. Kaget? Awalnya saya juga terkejut. Tapi kemudian saya ingat bahwa pagi ini saya bangun berkat bunyi alarm, makan pagi ditemani video-video Youtube, dan sekarang menulis ini sambil mendengarkan musik di Spotify - semua dari smartphone saya. Sekarang, angka itu saya rasa tepat. Tapi, apa saja sih yang kita lakukan dalam lima jam itu?

1. Komunikasi

Telepon genggam memang awalnya dibuat untuk mempermudah komunikasi, jadi sudah tentu kita menggunakannya untuk berhubungan dengan orang lain. Satu dekade yang lalu, fungsi itu terbatas untuk tidak lebih dari membuat panggilan atau mengirim SMS. Sekarang, smartphone kita sudah dapat melakukan jauh lebih banyak hal daripada itu (makanya disebut ponsel pintar): mengirim email, video call, dll. Banyaknya macam mobile apps yang tersedia telah membuat komunikasi jauh lebih mudah karena mereka bisa memfasilitasi kebutuhan komunikasi yang lebih spesifik.

2. Media sosial

Tentu saja media sosial tidak bisa ketinggalan ketika sedang membahas smartphone. Facebook, Instagram, dan Twitter hanyalah sebagian dari mobile apps paling populer yang digunakan oleh mayoritas pengguna smartphone di dunia belakangan ini. Tahu tidak kalau rata-rata kita mengecek smartphone kira-kira 150 kali dalam sehari? Ada sesuatu tentang media sosial yang membuat kita merasa butuh untuk selalu berbagi dan terhubung dengan orang-orang. Mungkin itu memang sifat manusia! Kita kan makhluk sosial.

3. Entertainment

Masa-masa kebosanan ketika menunggu giliran dipanggil dokter atau masuk pesawat sudah lewat. Di genggaman kita ada alat yang bisa mengakses semua informasi digital lewat internet. Tonton video di Youtube! Baca buku di Kindle! Dengar podcast di iTunes! Main online games dengan teman atau bahkan orang asing! Dengan mobile apps seperti ini di smartphone, kita jadi tidak perlu lagi mengenal kata bosan.

4. Kerja

Terutama untuk para freelancer, ada banyak mobile apps di smartphone kita yang dapat digunakan untuk kepentingan pekerjaan: mengumpulkan data untuk bahan artikel, membuat reminder deadline atau mengirim email, membuat sketsa awal sebuah ilustrasi, atau merekam nada-nada awal sebuah lagu baru. Dengan golongan smartphone terbaru, kita bahkan bisa mengambil foto yang berkualitas profesional! Kemudahan yang ditawarkan gawai lima inci di saku kita ini membuat proses penyaluran ide menjadi hal-hal yang baru semakin praktis. Keren kan?

5. Cashless

Dulu saya sering khawatir ketika lupa membawa dompet saat keluar rumah. Sekarang? Dengan Jenius, Ovo, dan mobile apps finansial serupa, kemampuan untuk membayar produk dan jasa hanya dengan beberapa ketuk di smartphone saya telah menghilangkan kekhawatiran itu. Bukan itu saja, saya bahkan merasa sangat terbantu ketika merencanakan keuangan. Penganggaran jadi sangat praktis karena adanya catatan keuangan yang bisa diakses dengan sangat mudah.

Fungsi smartphone yang semakin banyak berkat kehadiran mobile apps telah membuatnya menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan telepon genggam, kita dapat menghubungi orang-orang dengan mudah lewat panggilan telepon, chat, dan media sosial. Hiburan juga tersedia kapanpun dan di mana saja kita mau. Kita bisa mengandalkan smartphone untuk mempermudah pekerjaan dan transaksi finansial. Dengan banyaknya keuntungan seperti ini, tidak heran bahwa smartphone telah menjadi bagian yang sangat besar dalam kehidupan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *