Haruskah Bisnismu Memilih Mobile App Daripada Website

Di dunia yang sangat terhubung dengan internet, bisa dipastikan bahwa tidak beradaptasi dengan konektivitas dan aksesibilitas yang ditawarkan oleh internet merupakan aksi bunuh diri bagi sebuah bisnis. Menurut Statista, 3,2 milyar orang di dunia menggunakan internet sehari-hari, dan hampir 2,5 milyar dari mereka secara aktif menggunakan smartphone. Berdasarkan fakta itu saja, banyak pemilik bisnis yang cerdas yang telah beradaptasi dengan memiliki website mereka sendiri. Hanya saja, sekarang kamu harus memikirkan apakah website sudah cukup untuk bisnismu. Apakah lebih baik kamu mempertimbangkan langkah berikutnya untuk memiliki mobile app sendiri untuk bisnismu?

Ketahui Bisnismu

Tujuan utama semua pengusaha adalah untuk memiliki bisnis yang sukses. Untuk dapat melakukan itu, sudah pasti kamu harus mengerti bisnis yang sedang kau jalani: apa yang ditawarkannya, bagaimana dia bekerja, dan juga apa yang dibutuhkannya. Untuk dapat bersaing di era internet dan smartphone sekarang ini, kamu juga harus bisa menentukan jika bisnis kamu bisa berfungsi hanya melalui website, atau jika bisnis kamu dapat diuntungkan dengan memiliki mobile app. Kamu bisa mempertimbangkan hal ini dengan melihat model bisnis, manufaktur, pasar, dan lainnya, kemudian menetapkan tujuan yang ideal.

Ketahui Konsumenmu

Tidak ada bisnis yang dapat berkembang tanpa memahami konsumennya. Pertimbangkan demografi pelangganmu: apakah mereka tech savvy; apakah mereka sering menggunakan internet; apakah memiliki website sudah cukup; atau akankah memiliki mobile app membantu mereka untuk dapat mengakses bisnismu dengan lebih mudah dan cepat? Ketika kamu tahu kebiasaan dari sasaran pasarmu, kamu dapat memutuskan perantara mana yang lebih efektif dalam membangun hubungan saling percaya dan loyalitas di antara mereka dan brand bisnismu, membuat transaksi lebih mulus, membangun kesadaran tentang bisnismu, atau tujuan-tujuan lain yang kamu miliki.

Ketahui persainganmu

Tidak ada hal yang baru di dunia ini, dan hal itu mungkin saja berlaku terhadap bisnismu. Tentu saja, itu bukan hal yang harus kamu khawatirkan. Memiliki persaingan dalam bisnis itu hal yang wajar. Yang dapat kamu lakukan untuk memastikan bahwa binsis kamu mencolok dari yang lain adalah dengan mengumpulkan informasi sebanyak yang kamu bisa tentang para pegiat bisnis lainnya. Menurut Clutch, sebanyak 64% pemilik bisnis kecil memiliki website, hampir setengah dari mereka sudah memiliki mobile app, dan 30% berencana untuk mengembangkan mobile app sendiri di masa depan. Bagaimana kamu ingin bersaing dengan itu adalah keputusan yang harus dibuat olehmu dan tim bisnismu sendiri.

Pertimbangkan pro dan kontranya

Layaknya hal-hal yang lain, ada sisi bagus dan jelek pada website dan mobile app. Website dapat kamu bangun dengan harga yang relatif rendah dan dapat menayangkan informasi tentang bisnismu dan bahkan mengakomodasi transaksi, tapi di situlah akhir dari fungsi website. Sementara, membangun mobile apps mungkin akan mengambil sedikit lebih banyak biaya, tapi dia dapat menawarkan lebih banyak hal dari website. Misalnya, kamu bisa menggunakan mobile app bisnismu untuk mengirim notifikasi kepada pelanggan, memungkinkan pembayaran seluler dan integrasi media sosial, komunikasi langsung dengan para konsumen, dan bahkan menyimpan data.

Pada akhirnya, yang paling penting adalah apa yang kamu inginkan untuk bisnis kamu. Pelajari dan pahami bisnis kamu, sasaran pasarmu, dan persaingan bisnis. Tentukan tujuan yang jelas dan pertimbangkan pro dan kontra dari memiliki website atau mobile app untuk dapat membantumu dalam memenuhi tujuan itu, dan ketika kamu membuat sebuah keputusan, pastikan bahwa itu adalah keputusan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *