Komunikasi Lebih Mudah Dengan Konsumen Via Mobile App

Di era digital, mayoritas pelanggan bisnis menggunakan smartphone mereka setiap hari. Rasanya kurang bijak jika kamu sebagai pelaku bisnis tidak memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan bisnismu. Dengan adanya Internet, komunikasi memang menjadi lebih mudah dan cepat, tapi coba bayangkan betapa lebih efektifnya komunikasi dengan pelanggan ketika bisnismu memiliki mobile app sendiri. Kenapa sih mobile apps itu penting?

1. Demand

Memiliki mobile app sendiri itu strategi yang bagus untuk bisnismu. Dalam proses mobile app development, kamu bisa mendesain aplikasi bisnismu supaya pelanggan bisa memberitahumu apa saja yang mereka mau atau butuhkan. Informasi ini bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnismu lebih jauh - mungkin kamu bisa memodifikasi jasamu atau mungkin menambah jenis produk yang sedang diminati pelanggan, supaya mereka tidak perlu mencari ke tempat lain dan kamu mendapatkan keuntungan lebih.

2. Feedback

Bisnismu tentu tidak dapat berkembang tanpa konsumen, jadi pendapat mereka tentang bisnis kamu bisa jadi sangat penting. Dengan mobile app, kamu bisa mencari tahu apakah mereka puas dengan jasa atau produk bisnismu dan bagaimana kamu bisa memperbaikinya. Kamu dapat melakukan ini dengan mengadakan survey kecil-kecilan di mobile app kamu, atau metode-metode lain yang kamu suka. Dengan begini, konsumenmu akan merasakan bahwa opini mereka penting di matamu, dan mereka akan terus menggunakan layananmu untuk memuaskan kebutuhan mereka.

3. Branding

Kamu juga bisa memanfaatkan mobile app untuk menyampaikan informasi kepada pelanggan. Misalnya, kamu bisa membuat sebuah persona bisnis sedemikian rupa yang akan membangun citra yang positif di mata konsumenmu. Hal ini akan menjadi lebih efektif ketika kamu mengerti demografi konsumenmu, yang juga bisa kamu cari tahu lewat mobile app.

4. Marketing

Lewat sudah hari-hari ketika kamu hanya mengandalkan televisi atau radio untuk mempromosikan brand bisnismu terhadap konsumen. Melalui mobile app, kamu bisa mengirimkan notifikasi kecil kepada konsumen saat kamu memiliki promosi, diskon, obral, atau strategi pemasaran lainnya. Hanya dengan suara "ding" kecil di smartphone mereka, konsumenmu akan segera tahu bahwa kamu sedang menawarkan penawaran yang mungkin sedang mereka inginkan atau butuhkan saat ini.

Memiliki mobile app untuk bisnismu membuat komunikasi lebih efektif, dan kamu bisa memanfaatkannya untuk memperlebar bisnismu. Konsumenmu bisa memberitahu kamu apa saja yang sedang diminati, jadi kamu bisa memenuhi keinginan atau kebutuhan mereka; atau mereka juga bisa memberitahumu bagian mana dari produk atau jasa bisnismu yang bisa kamu perbaiki. Kamu juga bisa mengirimkan mereka informasi yang kamu inginkan tentang bisnismu untuk membantu menciptakan citra yang positif, atau menggunakan mobile app sebagai alat pemasaran. Dengan keuntungan-keuntungan ini, tidak ada alasan bagi bisnis kamu untuk tidak memiliki mobile app.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *