Mobile Apps, Bagus buat Bisnis

Mobile Application - Smartphone 02

Kapan terakhir kali kamu diharuskan mengantri untuk membeli sesuatu? Kalau saya sih sudah tidak ingat. Ketika menonton “Crazy Rich Asians” kemarin, saya membeli tiket bioskop, mencari kendaraan tumpangan menuju mall, dan memesan makanan semua melalui satu mobile app. Prosesnya sangat mudah tanpa perlu mengantri dan saya bisa menghemat banyak waktu.

Kemudahan yang ditawarkan mobile apps seperti itulah yang telah mendorong perubahan gaya hidup dari hal-hal yang kasat mata ke arah digital. Sadar akan fenomena ini, bisnis-bisnis kreatif dan inovatif sudah mulai membuat perubahan dan kemajuan dengan memanfaatkan mobile apps development untuk keuntungan yang lebih besar. Kalau kamu mau, kamu juga bisa! Berikut empat alasan kenapa kamu harus ikut tren digital ini untuk memperbesar bisnismu.

Mobile Application - Smartphone 01

1. Smart Phone = hidup masa kini

Belakangan ini, orang-orang pada umumnya menghabiskan waktu lima jam menggunakan smart phone. Dengan bertebarannya vendor smart phone dalam berbagai macam varian (Samsung, Apple, atau yang lainnya), sebenarnya hal ini sama sekali tidak mengherankan.

Ketika kamu bosan, kamu bisa menonton video di Youtube atau mendengarkan lagu favoritmu di Spotify. Perlu berhubungan dengan teman? Kamu bisa kirim pesan via WhatsApp atau bahkan bertegur sapa lewat video call di Skype. Lewat penggunaan berintensitas tinggi, bukan tidak mungkin konsumen akan mengintegrasikan mobile apps ke dalam keseharian mereka sehingga mobile apps menjadi suatu kebutuhan.

2. Tentukan demografi konsumen

Tentu, target pasar tiap bisnis akan berbeda sesuai dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Melalui pengembangan mobile apps yang kamu pilih (baik itu Android App Development, iOS App Development, atau yang lainnya), kamu dapat menganalisa target demografi pasar kamu dan melakukan riset tentang apa yang kamu dan bisnis kamu perlukan untuk menarik minat para konsumen - misalnya dari app design atau strategi promosi.

Mobile Application - Smartphone 02

3. Penyampaian informasi yang cepat

Dengan memiliki mobile app, informasi bisa disampaikan ke pengguna dan juga sebaliknya secara langsung dan real time sesuai kebutuhan. Hal ini dapat sangat membantu bisnismu dalam proses branding seperti membangun citra di mata pengguna, bahkan juga memungkinkan terjadinya transaksi produk dan jasa di dalam mobile app itu sendiri. Semua ini bisa kamu atur melalui Mobile App Development sesuai kebutuhan bisnismu.

4. Aksesibilitas berbuah loyalitas

Dengan memiliki mobile apps yang telah terpasang di smart phone para pengguna, aksesibilitas kini melangit dan kemungkinan pengguna untuk kembali menggunakan jasa/membeli produk dari kamu juga akan meningkat. Dari sini, loyalitas di antara pengguna dan business app dapat tercipta. Hal ini jelas sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak, kan?

Mobile Application - Smartphone 03

Dengan begini, tidak usah diragukan bahwa keberadaan mobile apps sangat penting dalam keseharian kita sekarang ini, baik untuk pengguna dan juga bagi pemilik bisnis. Banyaknya waktu yang dihabiskan mayoritas orang untuk berinteraksi dengan mobile apps yang ada di smart phone mereka akan membantu kamu untuk menentukan demografi konsumenmu dan berinteraksi dengan mereka. Dari situ, kamu bisa menentukan strategi promosi dan branding yang dibutuhkan melalui penyampaian informasi secara langsung dan real time. Kemudahan ini penting untuk membangun kepercayaan di antara konsumen dan bisnismu.

Kesiapan sebuah bisnis untuk beradaptasi dengan dunia teknologi yang semakin berkembang telah menjadi suatu keharusan untuk bisa bersaing. Memiliki mobile apps memang bukan kewajiban, melainkan solusi. Jika ada cara untuk mempermudah kesinambungan dengan pengguna, kenapa tidak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *